Home / Uncategorized / Dosen Teknik Kimia Unnes menjadi Dosen Tamu di Universitas Malaysia Pahang

Dosen Teknik Kimia Unnes menjadi Dosen Tamu di Universitas Malaysia Pahang

guess ump 3

Kerjasama dalam bentuk MOU sudah dilaksanakan antar Unnes dengan UMP. Realisasi dari kerjasama tersebut adalah dosen tamu dari pengajar UMP telah menhajar di Jurusan Teknik Kimia. Timbal balik dari kegiatan tersebut disambut dengan pengriman dosen tamu dari Teknik Kimia untuk mengajar di UMP, terutama di Fakultas Kimia dan kejuruan Sumber Natural. Dosen tamu disambut oleh Dr. Anwar Hisyam, Kegiatan dilakukan dalam kelas kecil dengan jumlah peserta mahasiswa sebanyak 20 orang yang berasal dari berbagai Negara yaitu India, Yaman, China, Malaysia, dan Indonesia. Kebetulan mahasiswa kami dari Teknik Kimia juga sedang melaksanakan pertukaran mahasiswa di Fakultas tersebut dengan didanai oleh Belmawa Ristekdikti.

Topik yang disampaikan pada kegiatan dosen tamu tersebut adalah Adsorpsi Adsorption of Formaldehyde by Silver Nano-particles attached on Activated Carbon yang menjelaskan bagaimana sisa potongan bambu dapat dimanfaatkan sebagai karbon aktif yang ditempeli dengan nanopartikel perak. Modifikasi karbon tersebut berfungsi untuk menangkap formaldehida dalam ruangan yang berpotensi menyebabkan kanker nasofaring. Pendekatan mekanismenya juga disampaikan pada pembelajaran tersebut. Peserta kuliah dapat memahami apa yang disampaikan oleh dosen tamu dan peserta antusias yang dibuktikan dengan adanya 3 pertanyaan dari peserta mahasiswa.

Akhir dari pembelajaran kita berfoto bersama dan dilanjutkan oleh pembahasan  pembuatan mekanisme kerjasama berupa pertukaran mahasiswa antara UMP dan Unnes. Dengan demikian dosen tamu yang dihadirkan di perkuliahan di luar negeri membuktikan eksistensi dosen Unnes yang dapat menunjukkan reputasi internasional. Berwawasan konservasi ditunjukkan dengan penggunaan sisa potongan bambu yang bernilai ekonomis tinggi menjadi karbon aktif termodifikasi yang bernilai manfaat. Semua kegiatan ini sangat didukung oleh Dekan Fakultas Teknik dan jajaran Fakultas serta Rektor Unnes dan Universitas.

guess ump 1