Home / Berita / Kedatangan Peserta KKL Malaysia Teknik Kimia UNNES di Indonesia

Kedatangan Peserta KKL Malaysia Teknik Kimia UNNES di Indonesia

DSC_1750

Rombongan peserta KKL Malaysia 2017 (Teknik Kimia 15) telah  tiba di Bandara Ahmad Yani Semarang pada hari Jumat 15 September 2017 pukul 09.00 WIB. Setelah sebelumnya peserta KKL melakukan kunjungan di Malaysia selama 5 hari. Hari pertama setelah tiba di Bandara Kuala Lumpur International Airport (KLIA) peserta KKL langsung menuju kampus UniKL Micet (Universiti Kuala Lumpur Malaysian Institute of Chemical and Bioengineering Technology) di Melaka dan menginap di Asrama UniKL Micet selama 1 malam. Agenda pada hari pertama diisi dengan Gathering Peserta KKL.

Hari kedua peserta KKL disambut oleh Mohd Azfarnur Bin Mat Juri  selaku Executive Technical Staff  UniKL Micet dan Zuraidah Rasep selaku Dosen Chemical Engineering Technology (Process) dengan memperkenalkan video company profile UniKL Micet kepada peserta KKL. Kemudian melakukan kunjungan ke beberapa laboratorium di UniKL Micet yang dipandu oleh Mohd Azfarnur Bin Mat Juri, diantaranya Unit Operation Laboratory, Food Processing Laboratory, Food Packaging Laboratory, Polymer Laboratory, Bioprocess Upstream Processing, Bioprocess Downstream Processing dan lain sebagainya. Di Polymer Laboratory peserta KKL mendapatkan sedikit wejangan dari Shaipul Bhari Bin Abdol Ghani selaku Senior Technical Officer Polymer Engineering Technology. Beliau berbagi ilmu mengenai segala sesuatu yang berkaitan dengan polimer. Kemudian di Unit Operation Laboratory kami juga disambut oleh Dr. Nugroho Dewayanto selaku Senior Lecturer Chemical Engineering Technology. Beliau juga menjelaskan berbagai hal mengenai unit operasi dan pilot plant yang ada di Unit Operatios Laboratory. Selain itu beliau juga merupakan kerabat Dosen Teknik Kimia Unnes semasa menimba ilmu di UMP (Universiti Malaysia Pahang) yakni Haniif Prasetiawan, S.T., M.Eng., selaku dosen pendamping KKL Malaysia. Di akhir kunjungan Mahasiswa Teknik Kimia UNNES menyampaikan kesan pesan yang diwakili oleh saudari Erika Wijayanti. Pada siang harinya rombongan bergerak menuju UTM (Universiti Teknologi Malaysia) di Johor Bahru dan menginap selama 2 malam di asrama UTM.

Pada hari ketiga peserta KKL melakukan kunjungan ke Faculty of Chemical & Energy Engineering dan disambut oleh Professor Dr. Mohd. Ghazali Mohd. Nawawi, PhD.,CEng., selaku Dekan FCEE. Beliau sangat senang dengan kehadiran Mahasiswa Teknik Kimia UNNES ke UTM dan beliau berharap Mahasiswa Teknik Kimia UNNES dapat melakukan pertukaran pelajar dengan Mahasiswa  UTM. Agenda penyambutan Mahasiswa Teknik Kimia oleh Dekan FCEE diakhiri dengan foto bersama. Selanjutnya peserta KKL melanjutkan kunjungan ke berbagai laboraorium dan class room sit in di FCEE yang dipandu oleh Dr. Zainul Akmar Zakaria selaku Senior Lecturer Department of Bioprocess and Polymer Engineering. Agenda pertama adalah peserta KKL melakukan class room sit in di ITE class yang pada saat itu sedang melakukan pendahuluan perkuliahan perdana oleh Dr. Hashim Hassan selaku dosen kelas tersebut. Saat sit in peserta KKL bercerita mengenai mata kuliah yang dipelajari selama 4 tahun di Teknik Kimia UNNES yang disampaikan oleh saudara Faisal Farabi. Kemudian diakhir kunjungan Mahasiswa Teknik Kimia UNNES dan Mahasiswa FCEE UTM melakukan jargon Teknik Kimia UNNES yang dipimpin oleh saudari Erika Wijayanti dan diakhiri dengan foto bersama. Kunjungan kedua peserta KKL menuju Biopolymer Research Group Laboratory yang disambut oleh pengelola lab. Di laboratorium Biopolimer peserta KKL diperkenalkan dengan berbagai produk biopolymer dari berbagai serat tumbuhan. Kunjungan ketiga peserta KKL menuju laboratorium Prospect (Process System Engineering Center) dan disambut oleh beberapa pengelola lab dan mahasiswa yang sedang meneruskan studi untuk gelar PhD. Setelah jam istirahat siang, peserta melanjutkan kunjungan ke beberapa laboratorium diantaranya Biotransformation Laboratory 1, Biotransformation Laboratory 2, Separation Process Laboratory 1, Separation Process Laboratory 2 yang disambut oleh masing masing pengelola lab. Pada Biotransformation Laboratory 1 peserta KKL dijelaskan mengenai Bioreactor Aerob & Anaerob; pada Biotransformation Laboratory 2 peserta KKL dijelaskan mengenai 3 Autoclave dengan kapasitas yang berbeda; pada Separation Process Laboratory 1 peserta dijelaskan mengenai pilot plant Absorption, Evaporation, Distilation Tower dan CSTR; pada Separation Process Laboratory 2 peserta dijelaskan mengenai pilot plant Heat Exchanger, macam macam Dryer, Screening dan VLE. Kemudian peserta KKL mengunjungi IBD (Institute of Bioproducts Development) yang disambut oleh Prof.Dr.rer.Nat.Hesham Ali El-Enshasy selaku Assistant Director for Innovation and Bioproducts Development Universiti Teknologi Malaysia. Saat di IBD peserta diajak berkeliling melihat berbagai macam produk dari bahan alam dan melihat langsung Unit Dryer skala pabrik. Kunjungan diakhiri dengan foto bersama bersama Prof.Dr.rer.Nat.Hesham Ali El-Enshasy.

Hari keempat diisi dengan kunjungan ke perusahan water treatment yakni Syarikat Air Johor dibersamai oleh Azizul Azri Mustaffa, PhD selaku Senior Lecturer PROSPECT. Rombongan peserta KKL disambut oleh bebearapa pengelola perusahaan diantaranya Che Ranzam dan Muhammad Nur. Di awal kunjungan pihak SAJ mempresentasikan beberapa hal penting mengenai perusahaan seperti standart keselamatan kerja dan standar produk air. Kemudian peserta KKL melakukan tour lapangan dimana dalam sesi ini dilakukan tanya jawab antar peserta dan pengelola SAJ mengenai proses water treatment. Diakhir kunjungan dilakukan penyerahan kenang kenangan oleh Haniif Prasetiawan, S.T., M.Eng. kepada pihak SAJ dan foto bersama.

Hari kelima ditutup dengan kunjungan ke beberapa tempat wisata di Malaysia, diantaranya Batu Cave, Pusat oleh oleh, Coklat Boutique, KLCC Twin Tower, Kuala Lumpur Gallery, Daratan Merdeka, dan terakhir adalah Central Market.