Home / Berita / Kuliah Tamu Jurusan Teknik Kimia oleh Ahmed Tessario Ekanuramanta

Kuliah Tamu Jurusan Teknik Kimia oleh Ahmed Tessario Ekanuramanta

WhatsApp Image 2017-09-05 at 22.16.38

 

Kuliah tamu Jurusan Teknik Kimia Universitas Negeri Semarang telah diadakan pada hari selasa, 5 september 2017 pada pukul 09.00-12.00 WIB. Acara ini berlangsung di Gedung Dekanat Lt.3, Prof. Soedartono Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang. Kuliah tamu Jurusan Teknik Kimia Universitas Negeri Semarang adalah acara yang rutin setiap tahun diadakan oleh Jurusan Teknik Kimia Universitas Negeri Semarang dengan pembicara yang berbeda dan menarik setiap tahunnya. Acara ini bertujuan untuk menambah pengetahuan, wawasan, dan dapat bermanfaat bagi mahasiswa Jurusan Teknik Kimia Universitas Negeri Semarang.

Kuliah tamu Jurusan Teknik Kimia Universitas Negeri Semarang pada kali ini mengusung tema “Entrepreneurship a Bridge to Embark Your Post Graduation Life” dengan pembicara Ahmed Tessario Ekanuramanta,S.T.,M.MT.Beliau merupakan alumni dari Teknik Kimia ITS, Surabaya.Meskipun masih muda, beliau adalah Founder PT. Sirtanio Organik Indonesia, perusahaan ini meproduksi beras merah organik di Banyuwangi sebagai produk utama.

Acara ini dibuka oleh Dr. I Made Sudana, M.Pd. sebagai Wakil Dekan 1 Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang dan Dr. Wara Dyah Pita Rengga, S.T.,M.T. sebagai Ketua Jurusan Teknik Kimia Universitas Negeri Semarang. Selaku moderator pada acara ini adalah Bayu Triwibowo, S.T.,M.T. Beliau adalah Dosen Teknik Kimia Universitas Negeri Semarang sekaliguskerabat satu angkatan pembicara pada acara ini. Acara Kuliah tamu Jurusan Teknik Kimia Universitas Negeri Semarang diikuti oleh mahasiswa Jurusan Teknik Kimia Universitas Negeri Semarang. Acara ini berlangsung secara interaktif dan sangat menarik, mahasiswa juga sangat antususias dalam mengikuti acara ini.

Dalam Kuliah tamu Jurusan Teknik Kimia Universitas Negeri Semarang ini, Bapak Tessario, selaku pembicara menceritakan bagaimana pengalaman beliau saat akhirnya mulai merintis bisnis ini dari nol, selain berbagi pengalaman, beliau juga berbagi tips bagaimana menjadi entrepreneur yang baik dan dapat berhasil. Beliau berhasil menumbuhkan ketertarikan kepada mahasiswa untuk memulai berusaha menjadi entrepeneur, meskipun dimulai dari usaha yang kecil terlebih dahulu.Terbukti saat sesi pertanyaan, mahasiswa antusias dalam mengajukan pertanyaan kepada pembicara satu ini. Bapak Tessario juga mengajarkan bahwa lulusan dari Teknik Kimia tidak harus melulu bekerja sebagai pegawai disuatu perusahaan, tetapi mahasiswa lulusan dari Teknik Kimia juga dapat mendirikan perusahaan sendiri, dengan bekal ilmu yang dimiliki selama belajar menjadi mahasiswa Teknik Kimia. “Bekerjalah sesuai bidang yang kamu senangi, maka kamu akan senang dalam menjalaninya dan mendapatkan kesuksesan” Ujar Pak Tessario. Beliau juga mengajarkan bahwa mahasiswa lulusan Teknik Kimia juga dapat memberikan manfaat kepada masyarakat, contohnya beliau dapat meningkatkan kesejahteraan petani beras di Banyuwangi, “Karena Sebaik-baiknya manusia adalah dia yang dapat bermanfaat bagi orang lain” pesan dari Bapak Tessario.

Acara ini ditutup dengan pemberian kenang-kenangan oleh pihak Jurusan Teknik Kimia Universitas Negeri Semarang, yang diwakilkan oleh Dr. Wara Dyah Pita Rengga, S.T.,M.T. sebagai Ketua Jurusan Teknik Kimia Universitas Negeri Semarang kepada Ahmed Tessario Ekanuramanta,S.T.,M.MT. selaku pembicara dalam acara ini. “Saya berharap mahasiswa yang mengikuti acara ini dapat terinspirasi dan mengikuti jejak Bapak Teessario, karena lulusan dari Teknik Kimia tidak harus menjadi pegawai di perusahaan saja. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada Bapak Tessario yang sudah mau hadir dalam acara ini.”, ujar Dr. Wara Dyah Pita Rengga, S.T.,M.T..  “Saya sangat senang bisa bertemu mahasiswa Teknik Kimia UNNES dan dapat berbagi pengalaman saya disini, semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat bagi para pesserta yang telah datang.”, ujar Bapak Tessario. Semoga dalam acara ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa Jurusan Teknik Kimia Universitas Negeri Semarang