Home / Berita / Berita / Frequently Asked Questions (FAQ) Praktik Kerja Lapangan

Frequently Asked Questions (FAQ) Praktik Kerja Lapangan

Q     : Jika kami mahasiswa belum mendapatkan jawaban dari perusahaan yang dituju untuk melaksanakan PKL. Apakah bisa mendaftar PKL di perusahaan lain sebelum mendapat jawaban dari perusahaan yang pertama?
A : Tidak Bisa. Disarankan untuk memastikan dahulu jawaban dari perusahaan yang pertama sebelum memutuskan untuk pindah ke perusahaan lain. Bisa dilakukan dengan bertanya melalui email atau telepon langsung ke perusahaan yang bersangkutan.
Q : Apakah mahasiswa dapat mendaftar lebih dari 1 perusahaan dalam 1 kali input data kelompok?
A : Tidak bisa. Mahasiswa hanya dapat mendaftar 1 perusahaan untuk 1 kali input data kelompok.
Q : Jika kami mahasiswa ternyata tidak diterima di perusahaan yang dituju untuk melaksanakan PKL. Apakah bisa membatalkan data-data yang sudah di upload di SIM PKL FT?
A : Bisa. Dengan catatan sudah memiliki surat resmi / pemberitahuan penolakan bisa berupa email dari perusahaan yang bersangkutan.
Q : Bagaimana cara membatalkan data-data yang sudah di upload di SIM PKL FT?
A : Dengan cara menyertakan surat penolakan atau email yang diberikan kepada tim gugus PKL tingkat fakultas atau administrator jurusan (tendik) sebagai bukti agar dapat dihapuskan data-data yang sudah diupload.
Q : Bagaimana langkah selanjutnya untuk mendaftar ke perusahaan lain lagi setelah tidak diterima pada perusahaan yang pertama?
A         Q     A   : Dengan cara menyertakan surat penolakan atau email dari perusahaan pertama yang diberikan kepada administrator jurusan (tendik) supaya validasinya ditolak, kemudian baru dapat mengulangi kembali langkah pengisian pada SIM PKL FT dari awal seperti pada pendaftaran perusahaan yang pertama dan lengkapi persyaratan sesuai dengan permintaan perusahaan yang dituju. : Bagaimana jika terjadi waktu pelaksanaan diterimanya kegiatan PKL di suatu perusahaan ternyata berbeda dengan waktu yang direncanakan  ketika mendaftar di sim PKL FT? : Dengan cara melaporkan hal ini kepada administrator jurusan (tendik) dengan melampirkan bukti pendaftaran di sim PKL FT supaya dapat disesuaikan kembali datanya lagi oleh administrator jurusan (tendik).
Q : Bagaimana jika ada mahasiswa yang dalam satu kelompok diterima di perusahaan namun ada anggotanya yang tidak diterima?
A : Bagi mahasiswa yang diterima maka dapat langsung memproses surat pengantar penerjunan namun anggota yang keluar dari kelompok harus dihapus datanya.
Q : Bagaimana jika ada mahasiswa dalam satu kelompok yang tidak diterima pada perusahaan yang bersangkutan?
A : Mahasiswa yang satu kelompok tidak diterima pada perusahaan yang bersangkutan wajib melaporkan diri pada administrator jurusan (tendik) / tim gugus untuk dihapus datanya setelah itu dapat melakukan proses pencarian perusahaan PKL dan pendaftaran lagi.
Q : Apakah diizinkan untuk melakukan PKL dibulan maret sampai desember?
A : Disarankan untuk mencari waktu PKL yang tidak mengganggu aktivitas perkuliahan.
Q : Apakah diperbolehkan PKL di industri sektor pangan?
A : Diperbolehkan. Hal ini tentunya dengan mempertimbangkan kesesuaian pada bidang keahlian di teknik kimia
Q : Apakah diperbolehkan PKL menggunakan sistem online?
A : Diperbolehkan. Hal ini dapat disesuaikan sesuai permintaan dari perusahaan PKL yang dituju.
Q : Bagaimana cara mengatasi terbatasnya perusahaan tempat PKL selama masa pandemi Covid-19 ini belum berakhir?
A : Dapat dilakukan antara lain dengan mengikuti pengabdian atau proyek dosen, serta dapat mengikuti PKL secara online. Hal ini tentunya dengan persetujuan kajur / kaprodi.
Q : Apakah ada daftar-daftar perusahaan yang dapat dijadikan referensi untuk melaksanakan PKL?
A : Silakan download disini.