Home / Berita / Berita / Mahasiswa Teknik Kimia UNNES Ikuti Program PERMATA

Mahasiswa Teknik Kimia UNNES Ikuti Program PERMATA

Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang, Faiq Nala Aji dan Priyanto dari jurusan Teknik Kimia Angkatan 2018 menjadi delegasi dalam Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara (PERMATA) yang diadakan oleh Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (RISTEKDIKTI). Program PERMATA berlangsung hingga satu semester di Universitas Sriwijaya, Inderalaya.

Program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara (PERMATA) yang diadakan oleh Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (RISTEKDIKTI). Program PERMATA  ini digagas oleh Majelis Rektor Perguruan Tinggi Indonesia (MRPTNI). Selain Mahasiswa dari Universitas Negeri Semarang, terdapat juga Mahasiswa dari Universitas Soedirman, Universitas Udayana, dan Universitas Sultan Agung Tirtayasa yang mengikuti program PERMATA ke Universitas Sriwijaya pada Tahun Ajaran 2019/2020.

Program PERMATA bertujuan untuk memfasilitasi Mahasiswa dalam menempuh perkuliahan selama satu semester di Perguruan Tinggi lain melalui transfer kredit dan perolehan kredit. Selain itu, Program PERMATA memiliki tujuan untuk meningkatkan wawasan kebangsaan, integritas, solidaritas, perekat kebangsaan antar mahasiswa se-Indonesia, melalui pembelajaran antar budaya. Sehingga, Mahasiswa yang mengikuti program PERMATA diharapkan mampu meningkatkan rasa toleransi dan nasionalismenya dan mampu mempelajari kebudayaan di sekitar Perguruan Tinggi yang dituju.