Home / Berita / Berita / DUA DOSEN JURUSAN TEKNIK KIMIA FT UNNES MENJADI DOSEN TAMU DI UNIVERSITI MALAYSIA PAHANG

DUA DOSEN JURUSAN TEKNIK KIMIA FT UNNES MENJADI DOSEN TAMU DI UNIVERSITI MALAYSIA PAHANG

Dalam rangka mendukung Universitas Negeri Semarang (UNNES) menjadi world class university, pada tanggal 18 – 19 September 2019 Jurusan Teknik Kimia UNNES mendelegasikan dua orang dosen untuk menjadi pembicara pada kuliah tamu yang diadakan di Faculty of Chemical and Process Engineering Technology di Universiti Malaysia Pahang. Kedua dosen tersebut adalah Dhoni Hartanto S.T., M.T., M.Sc. dan Haniif Prasetiawan S.T., M.Eng.

Pada hari pertama, telah dilaksanakan diskusi kerjasama bersama dengan Dr. Herma Dina Setiabudi dan Dr. Ruwaida binti Abdul Rasid yang merupakan perwakilan dari Renewable Energy Research Group UMP. Dari hasil diskusi tersebut, Jurusan Teknik Kimia UNNES mendapatkan peluang yang cukup besar untuk melakukan kolaborasi dalam bidang penelitian dan penulisan artikel yang bereputasi internasional. Setelah acara makan siang, Dhoni Hartanto S.T., M.T., M.Sc. menyampaikan kuliah tamu dengan tema “Recent Studies on Chemical Engineering Thermodynamics”. Lebih dari 100 mahasiswa yang mengikuti kuliah tamu ini sangat antusias dalam mengikuti materi yang disampaikan. Pada hari kedua, Haniif Prasetiawan S.T., M.Eng. menyampaikan materi mengenai “The Role of Process Simulation in Chemical Process Design”. Materi plant design ini dikhususkan bagi mahasiswa semester akhir yang sedang melakukan tugas akhir perancangan pabrik kimia. Seusai memberikan kuliah tamu, acara dilanjutkan dengan kunjungan ke laboratorium teknik kimia Faculty of Chemical and Process Engineering Technology, Universiti Malaysia Pahang.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan kerjasama antara Universitas Negeri Semarang dan Universiti Malaysia Pahang dapat terus terjalin dan dapat memberikan kontribusi yang semakin besar bagi perkembangan kedua institusi.