Home / Berita / SEMINAR NASIONAL TEKNIK KIMIA (SNTK) UNNES 2018

SEMINAR NASIONAL TEKNIK KIMIA (SNTK) UNNES 2018

SEMINAR NASIONAL TEKNIK KIMIA (SNTK) UNNES 2018

1

Seminar Nasional Teknik Kimia (SNTK)Universitas Negeri Semarang merupakan forum diskusi dan diseminasi hasil penelitian yang dilakukan oleh pemerintah, industri, peneliti, akademisi, praktisi, maupun organisasi yang berkecimpung dalam pengolahan sumber daya alam Indonesia. Acara ini diselenggarakan oleh Teknik Kimia Universitas Negeri Semarang dengan pembicara yang ahli dalam bidangnya. SNTK UNNEStelah diadakan pada hari Rabu, 12 September 2018. Acara ini berlangsung di Ruang Prof. Soedartono, GedungDekanat lt.3, Fakultas Teknik.SNTK 2018 mengusung tema “Inovasi Pengolahan Sumber Daya Alam Indonesia Terbarukan Menuju Efisiensi Energi” dengan mengudangtiga pembicara. Ketiga pembicara tersebut adalah:

  1. Maryono, S.T.,M.M.(Direktur Produksi PT. Pupuk Kujang)
  2. Ir. Edi Sartono(Kepala Subdirektorat Penerapan Teknologi Konservasi Energi Direktorat Konservasi Energi)
  3. Dr. Megawati, S.T.,M.T. (Dosen Teknik Kimia Universitas Negeri Semarang)

Acara ini diawali dengan sambutan oleh Wara Dyah Pita Rengga, S.T., M.T.selaku Ketua Panitia dan Dr. Wirawan Sumbodo M.T. selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan sekaligus membuka acara. Acara SNTK ini diikuti oleh 31 pemakalah dan mahasiswa Jurusan Teknik Kimia Universitas Negeri Semarang. Acara ini berlangsung secara interaktif dan sangat menarik.

Pada sesi acara Keynote Speech Maryono, S.T., M.M. menyampaikan tentang pengembangan pupuk organik di Indonesia. Selain pupuk organik beliau juga memaparkan berbagai cara alternatif untuk memperbaiki kualitas tanah di Indonesia selain menggunakan pupuk organik, salah satunya adalah dengan pengembangan mikroba. Ir. Edi Sartono menyampaikan tentang kebijakan konservasi energi di Indonesia. Beliau memaparkan beberapa kebijakan konservasi energi dan penerapannya di Indonesia, salah satunya adalah penghematan energi pada sektor industri. Keynote speech terakhir diisi oleh Dr. Megawati, S.T., M.T. yang menyampaikan tentang biodiesel. Beliau memaparkan tentang kelebihan biodiesel dan potensi biodiesel apabila diterapkan di Indonesia. Peserta sangat antususias dalam mengikuti acara ini.

Acara ini dilanjutkan dengan sesi parallel, yaitu pemaparan dari pemakalah mengenai hasil dari penelitian yang telah mereka lakukan. Pada sesi paralel dipandu oleh beberapa moderator, yaitu Ratnawati, Alia Badra Pitaloka, Marta Pramudita, Indar Kustiningsih. Hasil dari pemaparan ini akan dipublikasikan pada Jurnal Bahan Alam Terbarukan yang diterbitkan oleh Teknik Kimia UNNES, Jurnal Rekayasa Kimia & Lingkungan yang diterbitkan oleh Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Jurnal Kompetensi Teknik Terindeks DOAJ yang diterbitkan oleh Fakultas Teknik UNNES, dan Prosiding SNTK UNNES 2018 dengan ISSN 2597-9183.