Home / Berita / DOSEN TEKNIK KIMIA UNNES MELAKUKAN PENGABDIAN MASYARAKAT DI KELURAHAN NGIJO, SEMARANG

DOSEN TEKNIK KIMIA UNNES MELAKUKAN PENGABDIAN MASYARAKAT DI KELURAHAN NGIJO, SEMARANG

4

Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu Tridharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan oleh dosen. Kegiatan ini bertujuan agar dosen dapat memberikan kontribusi langsung kepada masyarakat dalam menangani limbah yang bernilai guna. Dalam hal ini penyampaian materi sosialisasi kepada masyarakat yaitu pemanfaatan daun kersen sebagai permen jelly dan teh seduh.

3

 

1

Pengabdian masyarakat dilakukan pada Sabtu, 21 Juli 2018 bertempat di Kelurahan Ngijo, Kecamatan Gunungpati, Semarang. Kegiatan pengabdian dilakukan oleh Dr. Astrilia Damayanti, S.T.,M.T., Dr.Widi Astuti, S.T.,M.T., dan Radenrara Dewi Artanti Putri, S.T.,M.T., beserta mahasiswa yaitu Noniek Y. Alma Nabuasa, Luluk Isaroyati, dan diikuti oleh Ibu-ibu PKK RT 03/RW 03, Kelurahan Ngijo, Kecamatan Gunungpati, Semarang. Pembukaan materi sosialisasi  disampaikan oleh Dr. Astrilia Damayanti, S.T.,M.T. Dalam kesempatan ini Dr. Astrilia Damayanti, S.T.,M.T menyampaikan bahwa “Sosialisasi ini bertujuan untuk  memanfaatkan daun kersen menjadi permen jelly dan teh seduh  yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan baik bagi kesehatan. Selain itu, masih banyak daun kersen di kelurahan Ngijo  yang hanya menjadi sampah organik, sehingga melalui sosialisasi ini diharapkan masyarakat mampu mengolah daun kersen  menjadi produk yang lebih bermanfaat.” Kemudian dilanjutkan dengan pembagian lembar diagram alir pembuatan permen jelly, dan teh seduh dari daun kersen agar masyarakat mudah memahami. Pada kesempatan ini diadakan sesi tanya jawab bagi masyarakat seputar cara pembuatan permen jelly dan teh seduh dari daun kersen

2

Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan jelly dari daun kersen yaitu daun kersen, glukosa, gelatin, , asam sitrat, serta bahan pendukung lainnya. Sedangkan bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan teh seduh yaitu daun kersen, cengkeh, dan kayu manis. Bahan-bahan tersebut cukup mudah dan sederhana yang dapat ditemukan oleh masyarakat.

Kegiatan disambut baik oleh para peserta, hal ini dapat dilihat dari antusias dan keaktifan peserta sepanjang rangkaian kegiatan. Acara ditutup dengan simbolis pemberian gula 1kg kepada masing-masing peserta Ibu-ibu PKK RT 03/RW 03 Kelurahan Ngijo, Kecamatan Gunungpati, Semarang.

Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan karena masih rendahnya pengetahuan masyarakat tentang pemanfaatan daun kersen menjadi produk bernilai tinggi. Dengan terciptanya produk permen jelly dan teh seduh dari daun kersen diharapkan dapat meningkatkan nilai ekonomi masyarakat, dan membentuk lapangan usaha baru.